3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid


 MODUL 3.3

TUGAS  3.3.a.7. DEMONSTRASI KONTEKSTUAL  

PENGELOLAAN  PROGRAM  YANG BERDAMPAK PADA MURID



Oleh : Dian Kartika Dewi, S.Pd.
CGP Angkatan 3  
Kabupaten Lampung Selatan

Fasilitator : Dra. Wiwi Parluki, M.Pd.
Pendamping Praktik : Kesi Meirawati, S.Pd.




RENCANA PROGRAM  :  INTRAKURIKULER

             Gerakan Literasi Sekolah dan Menjadi Duta Literasi Sekolah  

               (GELISAH DAN MADURASA)              



Latar Belakang

Gerakan Literasi memiliki peran penting dalam dunia Pendidikan terutama saat ini keterlaksanaan daring atau pembelajaran         jarak jauh selama masa pandemi Covid-19, karena keadaan yang sekarang menyebabkan rendahnya minat baca pada murid. Budaya membaca semakin tergerus oleh kehadiran smartphone android. Gerakan literasi sekolah ini adalah salah satu program yang sangat penting di terapkan pada bidang pendidikan, karena program tersebut mampu untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam membaca dan menulis serta kreativitas mereka. Kemampuan berliterasi murid berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan membaca yang berujung pada kemampuan memahami, meneliti dan menerapkan. Tujuan umum dari gerakan literasi sekolah adalah untuk menumbuh kembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan berbagai macam literasi yang diwujudkan dalam gerakan literasi sekolah, agar menjadi pembelajaran sepanjang hayat dan berwawasan luas. Kegiatan gerakan literasi sekolah tentunya melibatkan semua warga sekolah mulai dari guru, orang tua/wali murid, masyarakat dan khususnya murid itu sendiri. Program sekolah yang berdampak pada murid merupakan suatu program sekolah yang dibuat berdasarkan hasil analisis kebutuhan murid yang menjadi sasarannya yaitu murid untuk mengembangkan potensi dan minat yang dimiliki murid. Dengan menerapkan gerakan literasi dan menjadikan murid yang rajin membaca sebagai duta literasi di sekolah diharapkan mampu menjadi modal utama dalam mewujudkan murid yang cerdas mampu berfikir kritis, dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada murid.


Tujuan

  1. Membangun kesadaran murid akan pentingnya membaca untuk mendukung pembelajaran yang efektif.
  2. Menumbuhkan kemampuan berfikir kritis murid.
  3. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada murid
  4. Menjadikan kegiatan literasi sebagai budaya positif di sekolah
  5. Menumbuhkan budi pekerti dan kepribadian yang baik pada siswa.
  6. Meningkatkan wawasan murid.


Ini adalah link RENCANA PERUBAHAN (BAGJA)







SALAM GURU PENGGERAK
GURU BERGERAK INDONESIA MAJU

Komentar