JURNAL REFLEKSI MINGGU 8

1.4.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 8


Oleh

 

DIAN KARTIKA DEWI

SMPN 3 MERBAU MATARAM

CGP ANGKATAN 3

KABUPATEN LAMPUNG SELATAN


 

Pada jurnal Minggu ke 8 saya menggunakan Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

 

PERISTIWA (Facth)

Pada hari senin, 4   Oktober 2021 saya dan Bapak/Ibu CGP Hebat lainnya mulai belajar dan memahami LMS Modul 1.4, yang di mulai dari Pendahuluan , Mulai dari diri dan Budaya Positif, yaitu menulis di pengantar dan menjawab 8 pertanyaan . Kami wajib memberi  tanggapan minimal 2 tanggapan pada CGP lain di setiap pertanyaan. Ibu Wiwi Sebagai Fasilitator meminta kepada kami agar selalu semangat dan tepat waktu dalam menyelesaikan tugas-tugas di LMS, karena pada modul 1.4 ini banyak tugas –tugas di LMS yang harus diselesaiakan.  Pada hari Selasa, 5 Oktober 2021 saya dan rekan-rekan CGP hebat lainnya melanjutkan materi  Eksplorasi konsep BudayaPositif bagian 2.2, Kami mempelajari tentang Konsep Disiplin Positif dan Motivasi. Pada hari Rabu, 6 Oktober 2021 kami melanjutkan tugas Di LMS pada materi  Eksplorasi konsep BudayaPositif bagian 2.3. Pada bagian ini kami mempelajari tentang Keyakinan Kelas, Pemenuhan Kebutuhan Dasar, Posisi Kontrol, Segitiga Restitusi dan menyelesaiakan beberapa tugas mandiri di LMS. Pada hari Kamis 7 Oktober 2021, kami masih melanjutkan tugas di LMS yaitu Eksplorasi konsep-forum diskusi asinkron. Pada hari Jumat, 8 Oktober 2021 kegiatan kami adalah Ruang Kolaborasi-Kerja Kelompok, kami dibentuk kelompok , 1 kelompok terdiri dari 4 orang dan setiap kelompok mendapat tugas untuk menyelesaikan 4 kasus dan menjawab soal yang ada di kasus tersebut. Pada hari Sabtu 9 Oktober 2021 setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi. Ibu Wiwi seabagai Fasilitator menggunakan Roda Berputar dalam memilih peserta untuk presentasi, jadi nama siapa yang terpilih harus siap untuk presentasi.



PERASAAN (Feelings)

 

Perasaan saya ketika mengikuti kegiatan diskusi kelompok, saya sangat senang dan bangga, karena saya bisa berkolaborasi dengan kelompok kecil saya CGP Hebat yaitu Ibu Purnama, Ibu Siti, dan Ibu Yohana dalam menyelesaikan kasus, bagi saya mereka adalah rekan-rekan yang luar biasa. Kami berdikusi dan saling memberi masukan dalam menyelesaikan ke 4 kasus. Pada diskusi kelompok besar saya lebih bersemangat, karena mendapat bimbingan dan motivasi  dari ibu Wiwi Parluki sebagai Fasilitator dan kami saling memberi tanggapan dari hasil presentasi masing-masing kelompok .


PEMBELAJARAN (Findings)

Pembelajaran yang saya peroleh selama satu Minggu ini sangat banyak sekali, ilmu-ilmu baru yang belum pernah saya peroleh sebelumnya saya dapatkan pada Modul 1.4.

Pembelajaran yang saya peroleh di Modul 1.4 adalah:

1.   Pembelajaran yang saya peroleh selama satu Minggu ini sangat banyak sekali, ilmu-ilmu baru yang belum pernah saya peroleh sebelumnya saya dapatkan pada Modul 1.4.

Pembelajaran yang saya peroleh di Modul 1.4 adalah:

  • Bagaimana menciptakan budaya positif di kelas dan lingkungan sekolah yang berpihak pada      murid
  •   Konsep disiplin positif dan motivasi, dengan tujuan agar menanamkan motivasi yang pada murid-murid kita yaitu untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya.
  •  Keyakinan kelas yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah. Keyakinan kelas bersifat lebih ‘abstrak’ daripada peraturan, yang lebih rinci dan konkrit.
  • Pemenuhan kebutuhan dasar, ada 5 kebutuhan dasar manusia , yaitu:

2.                                   a.       kebutuhan untuk bertahan hidup (survival),

b.      cinta dan kasih sayang (love and belonging)

c.       kebebasan (freedom)

d.      kesenangan (fun)

e.       kekuasaan (power)

  • . Teori Kontrol Dr. William Glasser, Gossen berkesimpulan ada 5 posisi kontrol yang diterapkan   seorang guru, orang tua ataupun atasan dalam melakukan kontrol. Kelima posisi kontrol tersebut   adalah

a.       Penghukum

b.      Pembuat Orang Merasa Bersalah

c.       Teman

d.       Monitor (Pemantau)

e.       Manajer

  • Restitusi ,Sebuah Cara Menanamkan disiplin positif Pada Murid. Restitusi membantu murid menjadi lebih memiliki tujuan, disiplin positif, dan memulihkan dirinya setelah berbuat salah. Penekanannya bukanlah pada bagaimana berperilaku untuk menyenangkan orang lain atau menghindari ketidaknyamanan, namun tujuannya adalah menjadi orang yang menghargai nilai-nilai kebajikan yang mereka percayai.



PENERAPAN (Future)

Penerapan yang perlu saya lakukan di sekolah adalah:

1)      Saya akan menerapkan disiplin restitusi di posisi monitor dan manajer agar dapat menciptakan lingkungan positif , aman , dan nyaman di sekolah.

2)      Saya harus bisa membimbing /menuntun murid agar mereka dapat memenuhi kebutuhan dasar secara positif

3)     Menciptakan lingkungan positif di dalam kelas, seperti membuat keyakinan kelas bersama murid agar dapat terciptanya budaya positif di dalam kelas dan sekolah.

4)   Saya akan menerapkan Restitusi dalam membimbing murid berdisiplin positif, agar mereka menjadi murid yang merdeka.

 

 

SALAM GURU PENGGERAK

GURU BERGERAK INONESIA MAJU




Komentar