JURNAL
REFLEKSI MINGGU 8
1.4.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 8
Oleh
DIAN KARTIKA
DEWI
SMPN 3 MERBAU
MATARAM
CGP ANGKATAN 3
KABUPATEN
LAMPUNG SELATAN
Pada jurnal Minggu ke 8 saya menggunakan Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)
PERISTIWA (Facth)
Pada hari senin, 4 Oktober 2021 saya dan Bapak/Ibu CGP Hebat
lainnya mulai belajar dan memahami LMS Modul 1.4, yang di mulai dari
Pendahuluan , Mulai dari diri dan Budaya Positif, yaitu menulis di pengantar
dan menjawab 8 pertanyaan . Kami wajib memberi
tanggapan minimal 2 tanggapan pada CGP lain di setiap pertanyaan. Ibu
Wiwi Sebagai Fasilitator meminta kepada kami agar selalu semangat dan tepat
waktu dalam menyelesaikan tugas-tugas di LMS, karena pada modul 1.4 ini banyak
tugas –tugas di LMS yang harus diselesaiakan.
Pada hari Selasa, 5 Oktober 2021 saya dan rekan-rekan CGP hebat lainnya
melanjutkan materi Eksplorasi konsep
BudayaPositif bagian 2.2, Kami mempelajari tentang Konsep Disiplin Positif dan Motivasi. Pada hari Rabu, 6
Oktober 2021 kami melanjutkan tugas Di LMS pada materi Eksplorasi konsep BudayaPositif bagian 2.3.
Pada bagian ini kami mempelajari tentang Keyakinan Kelas, Pemenuhan Kebutuhan
Dasar, Posisi Kontrol, Segitiga Restitusi dan menyelesaiakan beberapa tugas mandiri
di LMS. Pada hari Kamis 7 Oktober 2021, kami masih melanjutkan tugas di LMS
yaitu Eksplorasi konsep-forum diskusi asinkron. Pada hari Jumat, 8 Oktober 2021
kegiatan kami adalah Ruang Kolaborasi-Kerja Kelompok, kami dibentuk kelompok ,
1 kelompok terdiri dari 4 orang dan setiap kelompok mendapat tugas untuk
menyelesaikan 4 kasus dan menjawab soal yang ada di kasus tersebut. Pada hari
Sabtu 9 Oktober 2021 setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi. Ibu Wiwi
seabagai Fasilitator menggunakan Roda Berputar dalam memilih peserta untuk
presentasi, jadi nama siapa yang terpilih harus siap untuk presentasi.
PERASAAN (
Perasaan saya ketika mengikuti kegiatan diskusi kelompok, saya sangat senang dan bangga, karena saya bisa berkolaborasi dengan kelompok kecil saya CGP Hebat yaitu Ibu Purnama, Ibu Siti, dan Ibu Yohana dalam menyelesaikan kasus, bagi saya mereka adalah rekan-rekan yang luar biasa. Kami berdikusi dan saling memberi masukan dalam menyelesaikan ke 4 kasus. Pada diskusi kelompok besar saya lebih bersemangat, karena mendapat bimbingan dan motivasi dari ibu Wiwi Parluki sebagai Fasilitator dan kami saling memberi tanggapan dari hasil presentasi masing-masing kelompok .
PEMBELAJARAN (
Pembelajaran yang saya peroleh selama satu Minggu ini sangat banyak
sekali, ilmu-ilmu baru yang belum pernah saya peroleh sebelumnya saya dapatkan
pada Modul 1.4.
Pembelajaran yang saya peroleh di Modul 1.4 adalah:
1. Pembelajaran yang saya peroleh selama satu Minggu ini sangat banyak sekali, ilmu-ilmu baru yang belum pernah saya peroleh sebelumnya saya dapatkan pada Modul 1.4.
Pembelajaran yang saya peroleh di Modul 1.4 adalah:
- Bagaimana menciptakan budaya positif di kelas dan lingkungan sekolah yang berpihak pada murid
- Konsep disiplin positif dan motivasi, dengan tujuan agar menanamkan motivasi yang pada murid-murid kita yaitu untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya.
- Keyakinan kelas yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah. Keyakinan kelas bersifat lebih ‘abstrak’ daripada peraturan, yang lebih rinci dan konkrit.
- Pemenuhan kebutuhan dasar, ada 5 kebutuhan dasar manusia , yaitu:
2. a. kebutuhan untuk bertahan hidup (survival),
b.
cinta dan kasih sayang (love and
belonging)
c.
kebebasan (freedom)
d.
kesenangan (fun)
e.
kekuasaan (power)
- . Teori Kontrol Dr. William Glasser, Gossen berkesimpulan ada 5 posisi kontrol yang diterapkan seorang guru, orang tua ataupun atasan dalam melakukan kontrol. Kelima posisi kontrol tersebut adalah
a.
Penghukum
b.
Pembuat Orang Merasa Bersalah
c.
Teman
d.
Monitor (Pemantau)
e. Manajer
- Restitusi ,Sebuah Cara Menanamkan disiplin positif Pada Murid. Restitusi membantu murid menjadi lebih memiliki tujuan, disiplin positif, dan memulihkan dirinya setelah berbuat salah. Penekanannya bukanlah pada bagaimana berperilaku untuk menyenangkan orang lain atau menghindari ketidaknyamanan, namun tujuannya adalah menjadi orang yang menghargai nilai-nilai kebajikan yang mereka percayai.
PENERAPAN (
Penerapan yang perlu saya lakukan di sekolah adalah:
1) Saya
akan menerapkan disiplin restitusi di posisi monitor dan manajer agar dapat
menciptakan lingkungan positif , aman , dan nyaman di sekolah.
2) Saya
harus bisa membimbing /menuntun murid agar mereka dapat memenuhi kebutuhan
dasar secara positif
4) Saya
akan menerapkan Restitusi dalam membimbing murid berdisiplin positif, agar
mereka menjadi murid yang merdeka.
SALAM
GURU PENGGERAK
GURU
BERGERAK INONESIA MAJU
Komentar
Posting Komentar