AKSI NYATA MODUL 1.1

AKSI NYATA- PENERAPAN PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA 





MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA
DALAM  PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Oleh 
Dian Kartika Dewi, S.Pd.
SMPN 3 Merbau Mataram

CGP Angkatan 3 Kab. Lampung Selatan


Fasilitataor : Dra. Wiwi Parluki, M.Pd._ Pendamping Praktik : Kesi Meirawati, S.Pd.


 

A.  Latar Belakang

 

Tahun-tahun sebelum pandemik Covid-19 di Indonesia, sebelumnya, saya sudah mulai mencoba membuat suasana dalam ruangan kelas menjadi menyenangkan. Pada saat itu, saya berfikir bahwa dengan terus berpatokan dengan buku teks, proses pembelajaran saya tidak akan berkembang. Maka dari itu, dimulailah membuka Youtube agar bisa mendapatkan inspirasi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk saya terapkan di ruang kelas. Saya mendapatkan inspirasi itu tapi kondisi tempat saya mengajar jauh dari daya dukung yang ada. Sebagai calon guru penggerak (CGP) saya berusaha untuk belajar dan sedikit demi sedikit mengaplikasikan mengenai apa yang saya ketahui. Berikut ini adalah contok aksi nyata setelah saya mempelajari modul 1.1 tentang filosofi Ki Hajar Dewantara (KHD), yang saya angkat adalah tentang konsep pembelajaran yang sesuai dengan kodrat zaman. Dimana pembelajaran ini harus disesuaikan dengan perkembangan zaman. dalam tulisan ini penulis mencoba pembelajaran dengan menggunakan beragam media sosial yang sering digunakan siswa setiap hari.

 

Diharapakan dengan menggunakan media sosial dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Latar belakang mengapa menggunakan sosial media adalah berawal dari pengalaman penulis saat melakukan pembelajaran jarak jauh, banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas dan tidak hadir dalam pembelajaran tapi di sosial media mereka on/aktif. sehingga penulis mencoba kenapa tidak untuk mencoba memanfaatkan sosial media dalam pembelajaran. Sosial media yang digunakan diantaranya seperti instagram, facebook, tiktok, whatsap dan youtube.

 

Aksi nyata setelah mempelajari konsep KHD kemudian mencoba mengaplikasikannya dalam pembelajaran di sekolah. Untuk target kedepannya saya juga ingin mengajak rekan lain untuk menerapkan filosofi Ki Hajar Dewantara ini dalam pembelajaran di sekolah. Sehingga hasil dari penerapan filosofi Ki Hajar Dewantara dapat terlihat signifikan karena banyaknya pergerakan yang dilakukan. 

 

B.  Tujuan

       1.         Mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa

2.         Mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center )

3.         Mewujudkan merdeka belajar agar tercapai profil pelajar pancasila

4.   Agar guru mampu menguasai metode/strategi  pembelajaran yang mendukung suasana    pembelajaran yang menyenangakan

5.    Agar guru memahami pentingnya mengembangkan diri dalam rangka meningkatkan          kompetensi yang dimiliki

ü   

C.  Deskripsi Aksi Nyata


Dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh, guru menggunakan Google Meet untuk melakukan interaksi dengan peserta didik. Sebelum kegiatan pembelajaran guru menyusun rencana yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sebagai berikut.

1)   Guru menanya apakah hambatan yang dialami peserta didik selama pembelajaran daring

 2)   Guru mendata harapan pembelajaran yang diinginkan murid.

3)   Guru mencari bahan pembelajaran

4)   Guru meminta peserta didik untu membuat kelompok sesuai jarak rumah terdekat

5)   Guru memberi nama kelompok untuk masing-masing kelompok yang sudah terbentuk

6)   Guru mengirimkan contoh-contoh video sederhana

7)   Siswa di berikan kebebasan untuk memilih contoh video yang paling mudah atau siswa  bisa mencari sendri sesuai keinginan.

8)   Guru meminta peserta didik untuk membuat video percobaan sederhana

9)   Guru memberikan umpan balik dari hasil kerja siswa.

10)  Guru berkunjung kerumah siswa , untuk menanyakan kenapa tidak mengumpulakan

        Tugas

11) Guru memberi motivasi kepada siswa yang tidak mengerkjakan tugas , agar lebih aktif

       Dalam pembelajaran.

 

D. Hasil Aksi Nyata

Adapun hasil nyata yang diperoleh melalui pelaksanaan aksi nyata ini yaitu sebagai berikut:

1)      1. Guru dapat berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan sosial  media

2)     2.  Pembelajaran yang menyenangkan dan juga pemanfaatan sosial media sehingga pembelajaran tidak         menjadi membosankan oleh siswa.

3)       3.  Siswa lebih bersemangat dalam pembelajaran.


E.  Refleksi Aksi Nyata


Pelaksanaan aksi nyata dapat meningkatkan kolaborasi antara CGP dengan teman sejawat lainnya, dalam rangka menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Siswa juga merasa senang  dan tidak merasa bosan dengan pembelajaran yang ada. Mereka juga menjadi lebih kreatif dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

 

Adapun kendala yang dihadapi dalam aksi nyata ini adalah ada beberapa siswa yang tidak memiliki hp. Jadi mereka terhambat dalam penyelesaian tugas-tugas. Keterbatan kuota siswa juga menjadi penghambat dalam pembelajaran, sehingga kadang mereka suka alpa dalam kelas virtual melalui google meet.


F.  Rencana Perbaikan untuk Pelaksanaan di Masa Mendatang

Untuk kegiatan rencana perbaikan di masa mendatang yang perlu dilakukan sebagai berikut.

1)   Guru selalu menanya kesulitan yang dialami murid dan harapan yang diinginkan dalam

            Proses pembelajaran

2)   Memanfaatkan dan menggunakan media sosial yang bisa dikuasai oleh semua murid.

3)   Menerapkan metode pembelajaran yang lebih variatif dan menyenangkan.

4)   Guru dan murid membuat kesepakatan pengumpulan tugas.


G.  Penutup

Dengan waktu yang amat dan sangat padat, akhirnya saya bisa menyelesaikan tugas aksi nyata modul

 1.1, dengan keterbatasan saya. Dari aksi nyata yang dilakukan semakin bertambahnya pengetahuan 

CGP  tentang bagaimana menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa demi 

mewujudkan merdeka belajar dan profil pelajar pancasila. Ibarat pepatah “Tak ada Gading Yang Tak 

Retak” demikian juga dengan laporan aksi nyata saya jauh dari kata sempurna.  Saya mohon maaf 

apabila banyak sekali kekurangan. 


H. Dokumentasi Aksi Nyata

a. Guru memberikan Pengarahan melalui whatsapp group 





b. Melaksanakan Google meet


c. Link Tugas Siswa 

 REGI_SEPTI

@salmah

Sela_ROMI_Septi


d. Kunjungan Guru ke Rumah Siswa 
    Yang Kurang Aktif Dalam Pembelajaran





d. Testimoni 

Regi Kurnia Apriyani (Kelas 9 B)


Septi (Kelas 9 B)



Wielsoens Destian (Kelas 9 A)













Komentar