AKSI NYATA MODUL 1.2
NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK



MENDORONG KOLABORASI ANTAR GURU DALAM PENGGUNAKAN AKUN BELAJAR MELALUI GOOGLE WORKSPACE FOR EDUCATION

Oleh 

Dian Kartika Dewi, S.Pd.
SMPN 3 Merbau Mataram
CGP Angkatan 3 Kab. Lampung Selatan


Fasilitataor : Dra. Wiwi Parluki, M.Pd._ Pendamping Praktik : Kesi Meirawati, S.Pd.



A. Latar Belakang

 

Peningkatan kompetensi seorang guru sudah sewajarnya dilakukan, tidak hanya oleh pemerintah tapi dari diri guru itu sendiri juga harus punya kemauan keras untuk bisa lebih profesional sehingga tujuan pendidikan nasional dapat tercapai. Pengembangan kompetensi dapat dilakukan secara mandiri ataupun secara berkolaborasi dengan rekan-rekan guru di sekolah. Melalui kegiatan berbagi yang dilakukan dengan rekan guru di sekolah maka kita akan dapat saling berbagi ilmu, pengetahuan, dan pengalaman untuk dapat mewujudkan pembelajaran yang inovatif sehingga dapat membuat siswa nyaman dan senang belajar. Apalagi kita ketahui bersama sekarang kita sedang menghadapi pandemi yang berkepanjangan, dimana siswa tidak dapat berinteraksi secara langsung ke sekolah namun mereka harus belajar dari rumah. Tentunya hal ini akan meningkatkan resiko kebosanan dalam diri siswa, maka sangat dirasa perlu kemampuan seorang guru di dalam melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran yang dilakukannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi yang dapat mendukung proses pembelajaran.

 

Seorang guru penggerak harus mempunyai nilai-nilai guru penggerak, sebagai pedoman dalam berperilaku. Nilai- nilai guru penggerak yaitu: mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid. Seorang guru penggerak juga harus mempunyai peran yang sangat penting dalam melakukan perubahan pendidikan menjadi lebih baik, peran guru penggerak yang harus dimiliki adalah, Menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, mendorong kolaborasi antar guru, menjadi Coach bagi guru lain, mewujudkan kepemimpinan murid  selain itu, guru penggerak nantinya akan terus menciptakan dan mengawal pencapaian profil pelajar Pancasila yang merupakan tujuan dari Merdeka Belajar

 

Profil Pelajar Pancasila adalah karakter yang diharapkan muncul pada segenap murid di Indonesia. 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5 Bernalar kritis; 6) Kreatif. Keenam karakter tersebut tercermin melalui perilaku sehari-hari yang akhirnya menjadi kebiasaan murid tersebut.
 
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki harapan yang tinggi agar pendidik mampu melaksanakan perannya sebagai guru penggerak. Peran tersebut antara lain pendidik harus menguasai kompetensi guru dan model kompetensi kepemimpinan sekolah. Diantara kompetensi tersebut, yang diambil CGP dalam aksi nyata ini adalah Guru Penggerak harus mampu mendorong  kolaborasi rekan sejawat dalam mewujudkan merdeka belajar.
 
Dalam aksi nyata adalah Guru Penggerak harus mampu menunjukkan kolaborasi dengan  rekan sejawat dalam menggunakan google workspace for education agar pembelajaran daring lebih mudah bagi siswa. Kolaborasi yang dilakukan dengan rekan sejawat (sesama guru) adala berbagi pengetahuan yang saya miliki ketika mengikuti seminar “Belajar Dari Mana Saja Dengan  Google Workspace For Education”  Di sini kami berkolaborasi dalam penggunaan akun belajar melalui Google Workspace For Education, kami saling belajar dan berbagi informasi .


B. Tujuan

 

1.     Mendorong kolaborasi antar guru

2. Agar rekan guru memahami pentingnya mengembangkan diri dalam rangka meningkatkan kompetensi yang dimiliki.

3.  Mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, sehingga materi yang mereka pelajari akan menjadi lebih bermakna.

4.   Agar rekan guru mampu menguasai dan mengaplikasikan media teknologi untuk mendukung pembelajaran yang menyenangkan.

      5.   Mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan melalui google clasrom


C. Deskripsi Aksi Nyata

 

Kegiatan aksi nyata ini penulis awali dengan berkoordinasi kepada kepala sekolah untuk menyampaikan rancangan aksi nyata dan meminta ijin untuk mensosialisasikannya kepada rekan-rekan guru yang lain untuk berkolaborasi dalam penggunaan akun belajar melalui Google Workspace For Education . Setelah diberikan ijin penulis pun mulai mensosialisasikan kegiatan aksi nyata ini kepada rekan guru. Penulis memohon dukungan kepada rekan-rekan guru untuk dapat mensukseskan aksi nyata yang akan penulis laksanakan. Selain itu, pada kesempatan ini penulis juga menyampaikan nilai-nilai dan peran guru penggerak sebagai agen transformasi pendidikan yang perlu juga diketahui oleh guru-guru yang lain. Penulis juga meminta bimbingan operator dalam mengaktifkan akun belajar id. Operator Sekolah juga membantu untuk mengaktifkan akun belajar siswa.

      

Keesokan harinya penulis mulai berkolaborasi dengan rekan guru dalam penggunaan akun belajar Google Workspace For Education. Kami belajar bersama dan saling berbagi informasi. Hal pertama yang kami lakukan adalah mengaktifkan akun belajar id karena ada sebagian guru di sekolah belum mengaktifkan akun belajar id. Kemudian kami  mengunduh aplikasi google classroom pada hp, lalu kami mempelajari bersama-sama fitur-fitur yang ada pada google classroom, seperti membuat kelas baru, menambah anggota, pembuatan materi, pemberian tugas.



D. Hasil Aksi Nyata

 

Adapun hasil yang diperoleh melalui pelaksanaan aksi nyata ini yaitu sebagai berikut.

  1. Guru memahami pentingnya mengembangkan diri dalam rangka meningkatkan kompetensi yang dimiliki sehingga bisa menghadirkan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menyenangkan bagi siswa. Melalui kegiatan aksi nyata ini guru-guru di sekolah tempat penulis bertugas mendapatkan ilmu baru terkait Google Workspace For Education yang nantinya dapat mereka manfaatkan dalam pembelajaran di kelasnya masing-masing.
  2. Guru dapat berkolaborasi dengan rekan sejawatnya di dalam mengembangkan diri dan meningkatkan kompetensinya. Bentuk kolaborasi dapat dilakukan melalui kegiatan saling berbagi dengan rekan-rekannya terkait praktik baik pembelajaran yang telah dilakukan di kelas nya masing-masing untuk dapat diberi masukan dan di adopsi oleh guru lain. Seperti yang sudah dilakukan pada aksi nyata ini, penulis berbagi dengan guru lain di sekolah terkait pemanfaatan akun belajar melalui Google Workspace For Education
  3. Guru dapat berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan Google Workspace For Education untuk mendukung proses pembelajaran yang mereka laksanakan seperti pemanfaatan, google classroom, Jamboard.

E. Refleksi Aksi Nyata


Pelaksanaan aksi nyata ini dapat meningkatkan kesadaran guru-guru dalam rangka mengembangkan diri untuk meningkatkan kompetensinya. Guru-guru sangat antusias mengikuti kolaborasi pemanfaatan akun belajar melalui Google Workspace For Education dalam pembelajaran. Mereka bersemangat dalam berkolaborasi dalam penggunaan class room yang nantinya dapat mereka terapkan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelasnya.  

 

Adapun kendala yang dialami selama pelaksanaan aksi nyata yaitu masih adanya beberapa orang guru yang belum bisa mengikuti kegiatan kolaborasi dan berbagi yang penulis laksanakan diakibatkan adanya kesibukan dan kegiatan yang lain. Selain itu belum semua guru bisa memahami dengan baik bagaimana cara menggunakan akun belajar id melalui Google Workspace For Education.



F.  Rencana Perbaikan untuk Pelaksanaan di Masa Mendatang

 

Apa yang sudah baik yang penulis lakukan selama pelaksanaan aksi nyata ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan dan konsisten. Setiap ada ilmu-ilmu baru yang penulis peroleh terutama yang berhubungan dengan pembelajaran akan terus penulis sharingkan kepada rekan-rekan guru yang lain untuk perbaikan pembelajaran dan juga kualitas pendidikan di sekolah. Selain itu penulis juga akan meminta masukan dari rekan-rekan guru yang lain untuk perbaikan terhadap hal-hal yang masih kurang dari pelaksanaan aksi nyata ini. Kedepannya penulis juga akan mengajak rekan-rekan guru yang lain untuk ikut berbagi terkait praktik-praktik baik yang telah dilakukan dalam pembelajaran di kelas.

 

G.  Penutup

 

Dari hasil aksi nyata yang telah dilakukan, hasil yang begitu dirasakan semakin bertambahnya kolaborasi antara CGP dengan rekan sejawat, serta bertambahnya pengetahuan CGP tentang nilai dan peran guru penggeak yang selama ini belum muncul dan di gali.

 

Demikian laporan aksi nyata ini dilakukan, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat di dalamnya. Akhir kata CGP mengharapkan kerja sama dari semua pihak. Saya harapkan saran yang membangun demi penyempurnaan pada rencana perbaikan dan aksi nyata selanjutnya untuk mewujudkan merdeka belajar dapat tercapai. Dan semoga aksi nyata yang penulis lakukan bermanfaat bagi rekan guru di sekolah, dan mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga kedepannya bisa melakukan aksi nyata dengan lebih baik lagi.



H. Dokumentasi Aksi Nyata


a. Berkoordinasi dengan Kepala Sekolah




b. Berkolaborasi dengan OPS


c. Berkolaborasi dengan rekan sejawat 






d. vidio kolaborasi dengan rekan sejawat




e. Ruang Kolaborasi guru di Google Class Room





f. Testimoni

1. Bapak Bambang Budi Utomo, S.Pd.

Komentar