AKSI NYATA MODUL 1.2
NILAI
DAN PERAN GURU PENGGERAK
MENDORONG KOLABORASI ANTAR GURU DALAM PENGGUNAKAN AKUN BELAJAR MELALUI GOOGLE WORKSPACE FOR EDUCATION
Oleh
Dian Kartika Dewi, S.Pd.
SMPN 3 Merbau Mataram
CGP Angkatan 3 Kab. Lampung Selatan
Fasilitataor : Dra. Wiwi Parluki, M.Pd._ Pendamping Praktik : Kesi Meirawati, S.Pd.
A. Latar
Belakang
Peningkatan kompetensi seorang guru
sudah sewajarnya dilakukan, tidak hanya oleh pemerintah tapi dari diri guru itu
sendiri juga harus punya kemauan keras untuk bisa lebih profesional sehingga
tujuan pendidikan nasional dapat tercapai. Pengembangan kompetensi dapat
dilakukan secara mandiri ataupun secara berkolaborasi dengan rekan-rekan guru
di sekolah. Melalui kegiatan berbagi yang dilakukan dengan rekan guru di
sekolah maka kita akan dapat saling berbagi ilmu, pengetahuan, dan pengalaman
untuk dapat mewujudkan pembelajaran yang inovatif sehingga dapat membuat siswa
nyaman dan senang belajar. Apalagi kita ketahui bersama sekarang kita sedang
menghadapi pandemi yang berkepanjangan, dimana siswa tidak dapat berinteraksi
secara langsung ke sekolah namun mereka harus belajar dari rumah. Tentunya hal
ini akan meningkatkan resiko kebosanan dalam diri siswa, maka sangat dirasa
perlu kemampuan seorang guru di dalam melakukan inovasi-inovasi dalam
pembelajaran yang dilakukannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan
teknologi yang dapat mendukung proses pembelajaran.
Seorang guru penggerak harus mempunyai nilai-nilai
guru penggerak, sebagai pedoman dalam berperilaku. Nilai- nilai guru penggerak
yaitu: mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid.
Seorang guru penggerak juga harus mempunyai peran yang sangat penting dalam
melakukan perubahan pendidikan menjadi lebih baik, peran guru penggerak yang
harus dimiliki adalah, Menjadi
pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, mendorong kolaborasi
antar guru, menjadi Coach bagi guru lain, mewujudkan kepemimpinan murid selain itu, guru penggerak nantinya akan terus
menciptakan dan mengawal pencapaian profil pelajar Pancasila yang merupakan
tujuan dari Merdeka Belajar
Profil Pelajar Pancasila adalah karakter yang diharapkan muncul
pada segenap murid di Indonesia. 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha
Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan
global; 5 Bernalar kritis; 6) Kreatif. Keenam karakter tersebut tercermin
melalui perilaku sehari-hari yang akhirnya menjadi kebiasaan murid tersebut.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
memiliki harapan yang tinggi agar pendidik mampu melaksanakan perannya sebagai
guru penggerak. Peran tersebut antara lain pendidik harus menguasai kompetensi
guru dan model kompetensi kepemimpinan sekolah. Diantara kompetensi tersebut,
yang diambil CGP dalam aksi nyata ini adalah Guru Penggerak harus mampu
mendorong kolaborasi rekan sejawat dalam
mewujudkan merdeka belajar.
Dalam aksi nyata adalah Guru Penggerak harus
mampu menunjukkan kolaborasi dengan
rekan sejawat dalam menggunakan google workspace for education agar
pembelajaran daring lebih mudah bagi siswa. Kolaborasi yang dilakukan dengan
rekan sejawat (sesama guru) adala berbagi pengetahuan yang saya miliki ketika mengikuti seminar “Belajar
Dari Mana Saja Dengan Google Workspace For Education” Di sini kami berkolaborasi dalam penggunaan
akun belajar melalui Google Workspace
For Education, kami saling belajar dan berbagi informasi .
B. Tujuan
1. Mendorong kolaborasi antar guru
2. Agar
rekan guru memahami pentingnya mengembangkan diri dalam rangka meningkatkan
kompetensi yang dimiliki.
3. Mewujudkan
pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, sehingga materi yang mereka pelajari
akan menjadi lebih bermakna.
4. Agar rekan guru mampu menguasai dan mengaplikasikan media teknologi untuk mendukung pembelajaran yang menyenangkan.
5. Mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan melalui google clasromC. Deskripsi Aksi Nyata
Kegiatan aksi nyata ini penulis awali dengan berkoordinasi
kepada kepala sekolah untuk menyampaikan rancangan aksi nyata dan meminta ijin
untuk mensosialisasikannya kepada rekan-rekan guru yang lain untuk berkolaborasi
dalam penggunaan akun belajar melalui Google Workspace For Education .
Setelah diberikan ijin penulis pun mulai mensosialisasikan kegiatan aksi nyata
ini kepada rekan guru. Penulis memohon dukungan kepada rekan-rekan guru untuk
dapat mensukseskan aksi nyata yang akan penulis laksanakan. Selain itu, pada
kesempatan ini penulis juga menyampaikan nilai-nilai dan peran guru penggerak
sebagai agen transformasi pendidikan yang perlu juga diketahui oleh guru-guru
yang lain. Penulis juga meminta bimbingan operator dalam mengaktifkan akun
belajar id. Operator Sekolah juga membantu untuk mengaktifkan akun belajar
siswa.
Keesokan harinya penulis mulai berkolaborasi dengan rekan guru
dalam penggunaan akun belajar Google Workspace For Education. Kami belajar bersama dan saling
berbagi informasi. Hal pertama yang kami lakukan adalah mengaktifkan akun
belajar id karena ada sebagian guru di sekolah belum mengaktifkan akun belajar
id. Kemudian kami mengunduh aplikasi
google classroom pada hp, lalu kami mempelajari bersama-sama fitur-fitur yang
ada pada google classroom, seperti membuat kelas baru, menambah anggota,
pembuatan materi, pemberian tugas.
D.
Hasil Aksi Nyata
Adapun
hasil yang diperoleh melalui pelaksanaan aksi nyata ini yaitu sebagai berikut.
- Guru memahami pentingnya
mengembangkan diri dalam rangka meningkatkan kompetensi yang dimiliki
sehingga bisa menghadirkan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan
menyenangkan bagi siswa. Melalui kegiatan aksi nyata ini guru-guru di
sekolah tempat penulis bertugas mendapatkan ilmu baru terkait Google
Workspace For Education yang nantinya dapat mereka manfaatkan
dalam pembelajaran di kelasnya masing-masing.
- Guru dapat berkolaborasi dengan
rekan sejawatnya di dalam mengembangkan diri dan meningkatkan
kompetensinya. Bentuk kolaborasi dapat dilakukan melalui kegiatan saling
berbagi dengan rekan-rekannya terkait praktik baik pembelajaran yang telah
dilakukan di kelas nya masing-masing untuk dapat diberi masukan dan di
adopsi oleh guru lain. Seperti yang sudah dilakukan pada aksi nyata ini,
penulis berbagi dengan guru lain di sekolah terkait pemanfaatan akun
belajar melalui Google Workspace For Education
- Guru dapat berinovasi dalam
melaksanakan pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan Google
Workspace For Education untuk mendukung proses pembelajaran yang
mereka laksanakan seperti pemanfaatan, google classroom, Jamboard.
E. Refleksi
Aksi Nyata
Pelaksanaan aksi nyata ini dapat
meningkatkan kesadaran guru-guru dalam rangka mengembangkan diri untuk meningkatkan
kompetensinya. Guru-guru sangat antusias mengikuti kolaborasi pemanfaatan akun
belajar melalui Google Workspace For Education dalam
pembelajaran. Mereka bersemangat dalam berkolaborasi dalam penggunaan class
room yang nantinya dapat mereka terapkan dalam pelaksanaan pembelajaran di
kelasnya.
Adapun kendala yang dialami
selama pelaksanaan aksi nyata yaitu masih adanya beberapa orang guru yang belum
bisa mengikuti kegiatan kolaborasi dan berbagi yang penulis laksanakan
diakibatkan adanya kesibukan dan kegiatan yang lain. Selain itu belum semua
guru bisa memahami dengan baik bagaimana cara menggunakan akun belajar id
melalui Google Workspace For Education.
F. Rencana Perbaikan untuk
Pelaksanaan di Masa Mendatang
Apa yang sudah baik
yang penulis lakukan selama pelaksanaan aksi nyata ini akan terus dilakukan
secara berkelanjutan dan konsisten. Setiap ada ilmu-ilmu baru yang penulis
peroleh terutama yang berhubungan dengan pembelajaran akan terus penulis
sharingkan kepada rekan-rekan guru yang lain untuk perbaikan pembelajaran dan
juga kualitas pendidikan di sekolah. Selain itu penulis juga akan meminta
masukan dari rekan-rekan guru yang lain untuk perbaikan terhadap hal-hal yang
masih kurang dari pelaksanaan aksi nyata ini. Kedepannya penulis juga akan
mengajak rekan-rekan guru yang lain untuk ikut berbagi terkait praktik-praktik
baik yang telah dilakukan dalam pembelajaran di kelas.
G. Penutup
Dari hasil aksi nyata yang telah dilakukan, hasil yang begitu
dirasakan semakin bertambahnya kolaborasi antara CGP dengan rekan sejawat,
serta bertambahnya pengetahuan CGP tentang nilai dan peran guru penggeak yang
selama ini belum muncul dan di gali.
Demikian laporan aksi nyata ini dilakukan, saya ucapkan terima
kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat di dalamnya. Akhir kata
CGP mengharapkan kerja sama dari semua pihak. Saya harapkan saran yang membangun
demi penyempurnaan pada rencana perbaikan dan aksi nyata selanjutnya untuk mewujudkan merdeka belajar dapat tercapai. Dan semoga aksi nyata yang penulis lakukan
bermanfaat bagi rekan guru di sekolah, dan mohon maaf atas segala kekurangan.
Semoga kedepannya bisa melakukan aksi nyata dengan lebih baik lagi.
H. Dokumentasi
Aksi Nyata
a. Berkoordinasi dengan Kepala Sekolah
b.
Berkolaborasi dengan OPS
c. Berkolaborasi
dengan rekan sejawat
3. Bapak
Miftahul Arifin, S.Pd. (Guru Agama Islam)
Komentar
Posting Komentar